Jumat, 26 April 2013

HAK KU ≠ HAK MU



HAK KU HAK MU
 
45.  Bacalah apa yang Telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan Dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(QS: Al-Ankabut : 45)

Indonesia merupakan Negara yang mayoritas pemnduduknya adalah muslim. Pada tahun 2010 indonesia berada di urutan pertama dengan jumlah penduduk terbanyak dengan jumlah 205 juta jiwa disusul oleh Pakistan dengan 178 juta jiwa dan Bangladesh 149 juta jiwa.

Dari Kisah

Seorang Remaja yang terkenal rajin melaksakan dan menjaga shalat 5 waktunya, yang datang dari kota A menuju ke kota C. ketika dalam perjalanan dia beristirahan sejenak di tempat peristirahatan di kota B, dan ia hampir tertidur, kemudia tiba-tiba ia terbangun dari kantuknya setelah suara adzan ashar berkumandang dari sebuah masjid terdekat dari tempat ia beristirahat. Kemudian ia menuju masjid terdekat dan mengambil wudu dan ikut melaksanakan shalat ashar berjamaah. Setelah selesai shalat, dzikir dan berdoa, remaja ini keluar untuk melanjutkan perjalanaanya. Tiba-tiba sandal yang tadi ia pakai tidak ada.
Remaja ini bingung mencari kesana-kemari sandalnya tersebut. Tapi tetap tak ada. dia melihat ke dalam ruang utama masjid masih terlihat beberapa orang yang masih melaksanakan dzikir ataupun berdoa. Dia memutuskan untuk menunggu saja dalam hati berkata “ahh mungkin sedang ada yang pinjam … nanti juga balik lagi”.


Remaja ini memutuskan kemabali ke ruang utama masjid untuk melanjutkan dzikir dan membaca Al-quran sambil menunggu sandalnya kemabali. Setelah beberapa saat, setelah di ruang tama masjid sudah sepi, sudah tidak ada seorangpun, maka ia putuskan untuk keluar mungkin sajasandalnya sudah kembali. 

Setelah keluar sandal Remaja ini belum juga kembali. Waktu sudah menunjukan pukul 16.15 wib. Dan ia harus sampai ke kota C pukul 18.00 wib. Kalau ia tetap menunggu sandalnya yang entah bakal kembali atau tidak dan tidak tau kapan kembalinya, bias-bisa ia terlambat sampai ke kota C. di masjid itu sebenarnya terdapat 2 pasangan sandal yang lebih bagus dari pada sandal miliknya, yang mareknya eigger dua-duanya.

Dari secuil cerita diatas ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi,
1.    1.  Remaja tersebut memakai sandal yang ada untuk membeli sandal yang baru dari uang yang ia miliki.
2.     2.  Remaja tersebut membeli sandal yang baru dengan sisa uang yang ia miliki dengan kaki tanpa sandal.
3.      3. Remaja tersebut mengambil saalah satu sandal yang tersisa dan memakainya dan melanjutkan perjalanan.

Dari nomor 1, 2, dan 3 masing-masing sikap yang kita ambil ketika kita dihadapkan dengan kondisi dan situasi seperti itu, itu akan mencerminkan karakter kita…

Kebiasan baik akan membawa karakter baik
Kebiasaan buruk akan membawa karakter buruk
Akhlak anda adalah cermin dari Sholat anda….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar