MATERI PT


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Segala puji hanya bagi Allah yang maha melihat apa yang hamba-hambanya kerjakan sampai pada lintasan-lintasan hati sekalipun. Sholawat serta-salam semoga tercurah-limpahkan kepada Muhammad saw. yang mencintai umatnya melebihi dirinya sendiri. Semoga kami termasuk kedalam umat yang dimaksud. Amin.
Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. (Sudjana:2005:3). Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan diataranya dilihat dari bagaimana cara guru mengajar dan bagaimana hasil dari pembelajarannya tersebut. Analisis yang akan kami uraikan adalah  bagaimana peningkatan hasil belajar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik terhadap pelajaran matematika di SMPN 23 Kota Bandung. Dalam hal ini kami akan menganalisis data hasil ujian nasional mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2008/2009, 2009/2010 dan 2010/2011.
B.            Metode Statistik
Oleh karena data sampel yang diolah lebih dari dua variabel dan tidak saling berhubungan, maka metode Statistik yang digunakan adalah metode Anova. Sujarweni (2014:109).
C.            Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan kami bahas adalah
1.    Apakah populasi-populasi yang akan di ujikan berdistribusi normal ?
2.    Apakah variansi antar sampel homogen ?
D.           Sistematika Pembahasan
1.    Menjelaskan data deskripsi nilai UN 2008-2009
2.    Menjelaskan data deskripsi nilai UN 2009-2010
3.    Menjelaskan data deskripsi nilai UN 2010-2011
4.    Uji homogenitas
5.    Uji normalitas
6.    Uji Anova
E.            Tujuan Analisis Data
1.    Menegtahui data deskripsi nilai UN 2008-2009
2.    Menegtahui data deskripsi nilai UN 2009-2010
3.    Menegtahui data deskripsi nilai UN 2010-2011
4.    Mengetahui varians masing-masing sampel data
5.    Mengetahui jenis distribusi data yang disajikan.
6.    Mengetahui nilai rataan masing-masing sampel
F.             Manfaat Analisis Data
Sebagai bahan evaluasi dan bahan perbaikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika untuk tahun-tahun berikutnya.


BAB II
ANALISIS VARIANSI NILAI UN

A.           Anova
Sugiyono (2010) menjelaskan bahwa ANOVA merupakan lanjutan dari uji-t independen jika kita memiliki dua kelompok percobaan atau lebih. Jenis analisis varians dengan menggunakan ANOVA menurut Sugiyono (2010) ada 2 macam : (1) analisis varians kalsifikasi tunggal dan (2) analisis varians klasifikasi ganda. Dalam hal ini penelitian menggunakan analisis varians tunggal atau dapat pula disebut dengan  One Way Analysis of Variance.
Penggunaan analisis varians (anova) harus memnuhi asusmsi
1.      Sampel diambil secara random
2.      Data berdistribusi normal
3.      Varians antar sampel homogen

 BAB III
TEKNIK ANALISIS DATA

A.           Populasi
Jumlah siswa yang mengikuti UN pada tahun 2008-2009 berjumlah 313 siswa, pada tahun 2009/2010 berjumlah 268, dan pada tahun 2010/2011 berjumlah 275 siswa.

Tabel III.A.1
Data Siswa Tahun Pelajaran 2008/2009

No
Kelas IX
Jumlah Siswa
1
A
40
2
B
40
3
C
38
4
D
40
5
E
38
6
F
40
7
G
39
8
H
38
TOTAL
313

Tabel III.A.2
Data Siswa Tahun Pelajaran 2009/2010

No
Kelas IX
Jumlah Siswa
1
A
38
2
B
39
3
C
38
4
D
40
5
E
39
6
F
37
7
G
37
TOTAL
268

Tabel III.A.3
Data Siswa Tahun Pelajaran 2010/2011

No
Kelas IX
Jumlah Siswa
1
A
36
2
B
34
3
C
37
4
D
35
5
E
34
6
F
32
7
G
33
8
H
34
TOTAL
275

Dari Tabel III.A.1, III.A.2 dan III.A.3 di atas jumlah total masing masing tahun tahun pelajaran dapat diartikan sebagai populsi. Data selengkapnya terlampir.
B.            Sampel
Sampel yang dibutuhkan untuk masing masing tahun ajaran menggunakan teknik sampling sistematis. Sampling sistematis adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut (Sugiyono:2010:66). Dalam pengolahan data ini sampel ditentukan berdasarkan nomor urut kelipatan dari 5, misalkan nomor urut 5, 10, 15, …, dst untuk masing masing kelas dari tiap tahun pelajaran.

Tabel III.B.1
Data Siswa Tahun Pelajaran 2008/2009

No
Kelas IX
Sampel (Siswa)
1
A
8
2
B
8
3
C
7
4
D
8
5
E
7
6
F
8
7
G
7
8
H
7
TOTAL
60

Tabel III.B.2
Data Siswa Tahun Pelajaran 2009/2010

No
Kelas IX
Sampel (Siswa)
1
A
7
2
B
7
3
C
7
4
D
7
5
E
7
6
F
7
7
G
7
TOTAL
49

   
Tabel III.B.3
Data Siswa Tahun Pelajaran 2010/2011

No
Kelas IX
Sampel (Siswa)
1
A
7
2
B
6
3
C
7
4
D
7
5
E
6
6
F
6
7
G
6
8
H
6
TOTAL
51

Dari Tabel III.B.1, III.B.2, dan III.B.3 maka sampel yang diperoleh dari tiga tahun pelajaran tersebut berjumlah 160 siswa.
Dari sampel yang dihasilkan maka daftar nilai yang termasuk di dalamnya dinataranay dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.

Tabel III.B.4
Daftar Sampel Nilai Tahun Pelajaran 2008/2009


NAMA
KELAS
NILAI

NO
NAMA
KELAS
NILAI
1
S-1
A
5.00

31
S-31
D
8.00
2
S-2
A
4.50

32
S-32
E
7.75
3
S-3
A
5.00

33
S-33
E
8.50
4
S-4
A
5.25

34
S-34
E
9.50
5
S-5
A
4.75

35
S-35
E
8.75
6
S-6
A
4.50

36
S-36
E
6.00
7
S-7
A
8.75

37
S-37
E
8.00
8
S-8
A
4.50

38
S-38
E
8.75
9
S-9
B
8.75

39
S-39
F
9.00
10
S-10
B
4.50

40
S-40
F
4.75
11
S-11
B
5.75

41
S-41
F
9.25
12
S-12
B
7.75

42
S-42
F
4.50
13
S-13
B
4.50

43
S-43
F
8.25
14
S-14
B
8.50

44
S-44
F
7.25
15
S-15
B
8.75

45
S-45
F
5.00
16
S-16
B
9.25

46
S-46
F
4.50
17
S-17
C
5.50

47
S-47
G
7.50
18
S-18
C
7.50

48
S-48
G
8.50
19
S-19
C
9.00

49
S-49
G
8.25
20
S-20
C
8.00

50
S-50
G
8.75
21
S-21
C
6.00

51
S-51
G
8.00
22
S-22
C
6.75

52
S-52
G
9.00
23
S-23
C
4.50

53
S-53
G
7.50
24
S-24
D
8.00

54
S-54
H
8.25
25
S-25
D
9.25

55
S-55
H
8.00
26
S-26
D
8.75

56
S-56
H
9.00
27
S-27
D
9.00

57
S-57
H
9.75
28
S-28
D
8.00

58
S-58
H
9.00
29
S-29
D
7.25

59
S-59
H
9.00
30
S-30
D
9.50

60
S-60
H
9.75



Tabel III.B.5
Daftar Sampel Nilai Tahun Pelajaran 2009/2010

NO
NAMA
KELAS
NILAI

NO
NAMA
KELAS
NILAI
1
S-1
A
5.00

27
S-27
D
8.00
2
S-2
A
4.50

28
S-28
D
6.75
3
S-3
A
5.00

29
S-29
E
5.50
4
S-4
A
5.25

30
S-30
E
9.50
5
S-5
A
4.75

31
S-31
E
9.75
6
S-6
A
4.50

32
S-32
E
8.50
7
S-7
A
8.75

33
S-33
E
9.50
8
S-8
B
7.25

34
S-34
E
7.25
9
S-9
B
7.00

35
S-35
E
8.50
10
S-10
B
8.75

36
S-36
F
6.00
11
S-11
B
7.00

37
S-37
F
4.50
12
S-12
B
9.75

38
S-38
F
9.00
13
S-13
B
9.00

39
S-39
F
8.75
14
S-14
B
6.50

40
S-40
F
8.25
15
S-15
C
8.50

41
S-41
F
4.50
16
S-16
C
7.75

42
S-42
F
5.25
17
S-17
C
8.25

43
S-43
G
4.50
18
S-18
C
4.75

44
S-44
G
7.50
19
S-19
C
5.00

45
S-45
G
8.50
20
S-20
C
6.75

46
S-46
G
8.25
21
S-21
C
6.50

47
S-47
G
8.75
22
S-22
D
9.25

48
S-48
G
8.00
23
S-23
D
9.50

49
S-49
G
9.00
24
S-24
D
8.75





25
S-25
D
9.00





26
S-26
D
7.75







Tabel III.B.6
Daftar Sampel Nilai Tahun Pelajaran 2010/2011

NO
NAMA
KELAS
NILAI

NO
NAMA
KELAS
NILAI
1
S-1
A
4.25

27
S-27
D
4.50
2
S-2
A
6.00

28
S-28
E
8.50
3
S-3
A
7.75

29
S-29
E
7.00
4
S-4
A
3.50

30
S-30
E
7.25
5
S-5
A
8.75

31
S-31
E
4.75
6
S-6
A
4.25

32
S-32
E
4.50
7
S-7
A
7.50

33
S-33
E
7.25
8
S-8
B
4.00

34
S-34
F
3.75
9
S-9
B
7.25

35
S-35
F
7.75
10
S-10
B
3.75

36
S-36
F
7.75
11
S-11
B
5.50

37
S-37
F
3.50
12
S-12
B
9.00

38
S-38
F
5.00
13
S-13
B
4.25

39
S-39
F
8.50
14
S-14
C
7.00

40
S-40
G
4.25
15
S-15
C
4.75

41
S-41
G
7.75
16
S-16
C
5.00

42
S-42
G
3.75
17
S-17
C
6.75

43
S-43
G
4.50
18
S-18
C
4.25

44
S-44
G
4.00
19
S-19
C
6.00

45
S-45
G
3.25
20
S-20
C
2.50

46
S-46
H
9.25
21
S-21
D
4.25

47
S-47
H
8.00
22
S-22
D
6.00

48
S-48
H
5.50
23
S-23
D
4.00

49
S-49
H
7.25
24
S-24
D
3.75

50
S-50
H
8.75
25
S-25
D
8.75

51
S-51
H
5.75
26
S-26
D
9.50






BAB IV
PEMBAHASAN ANALISIS DATA

A.      Data Deskriptif
Pengolahan data meggunakan program  SPSS 18. Hasil pengolahan data sebagai berikut

Tabel IV.A.1
Descriptives nilai UN
Descriptives
nilai UN

N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum
Lower Bound
Upper Bound
2009
60
7.4167
1.76277
.22757
6.9613
7.8720
4.50
9.75
2010
49
7.3214
1.74254
.24893
6.8209
7.8219
4.50
9.75
2011
51
5.8873
1.94442
.27227
5.3404
6.4341
2.50
9.50
Total
160
6.9000
1.93470
.15295
6.5979
7.2021
2.50
9.75
Penjelasan dari tabel deskriptif untuk nilau UN tahun 2009
1.         Nilai rata-rata 7,4167
2.         Nilai minimum 4,50 nilai maksimum 9,75
3.         Standar deviasi atau standar penyimpangan dari nilai tara-rata adalah 1,76277
4.         Dengan tingkat kepercayaan 95 % atau signifikansi 5 %, rata-rata nilai adalah pada range 6,9613 sampai 7,8720
Penjelasan dari tabel deskriptif untuk nilau UN tahun 2010
1.    Nilai rata-rata 7,3214
2.    Nilai minimum 4,50 nilai maksimum 9,75
3.    Standar deviasi atau standar penyimpangan dari nilai tara-rata adalah 1,74254
4.    Dengan tingkat kepercayaan 95 % atau signifikansi 5 %, rata-rata nilai adalah pada range 6,8209 sampai 7,8219
Penjelasan dari tabel deskriptif untuk nilau UN tahun 2011
1.    Nilai rata-rata 5,8873
2.    Nilai minimum 2,50 nilai maksimum 9,50
3.    Standar deviasi atau standar penyimpangan dari nilai tara-rata adalah 1,94442
4.    Dengan tingkat kepercayaan 95 % atau signifikansi 5 %, rata-rata nilai adalah pada range 5,3404 sampai 6,4341
Penjelasan dari tabel deskriptif untuk nilau total UN tahun (2009,2010,2011)
1.    Nilai rata-rata 6,9000
2.    Nilai minimum 2,50 nilai maksimum 9,75
3.    Standar deviasi atau standar penyimpangan dari nilai tara-rata adalah 1,93470
4.    Dengan tingkat kepercayaan 95 % atau signifikansi 5 %, rata-rata nilai adalah pada range 6,5979sampai 7,2021
Dari data diatas terdapat perbedaan niai mean pada masing masing nilai UN tahun 2009, 2010 dan 2011.



B.       Menentukan Homogenitas Data 
Dengan menggunakan SPSS 18 hasil pengolahan dari pengolahan data sebagai berikut

Tabel IV.B.1
Test of Homogeneity of Variances
nilai UN
Levene Statistik
df1
df2
Sig.
1.021
2
157
.363

Analisis ini bertujuan untuk menguji berlaku tidaknya asumsi untuk Anova, yaitu apakah ketiga sampel mempunyai varians yang sama.
Hipotesis,
Ho : ketiga varians sampel adalah sama/identik
Ha : ketiga varians sampel adalah tidak sama/identik
Pengambilan keputusan,
Jika sig > 0,05 maka Ho diterima
Jika sig < 0,05 maka Ho tidak diterima
Keputusan,
Oleh karena nilai sig (0,363) > 0,05 maka Ho diterima, sehingga dapat diartikan bahwa varians pada ketiga sampel adalah sama/identik (homogen)
C.       Dengan menggunakan SPSS 18 hasil pengolahan dari pengolahan data sebagai berikut
Tabel IV.C.1
Statistiks
nilai UN
N
Valid
160
Missing
1
Skewness
-.307
Std. Error of Skewness
.192
Kurtosis
-1.320
Std. Error of Kurtosis
.381

Dari data di atas, oleh karena nilai skewness (-0,307) < 0 maka data dapat dikatakan hampir berdistribusi normal. Atau dapat pula dilihat pada gambar di bawah ini

D.      Pengujian Anova
Dengan menggunakan SPSS 18.
Tabel IV.D.1
ANOVA
nilai UN

Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
77.027
2
38.514
11.670
.000
Within Groups
518.123
157
3.300


Total
595.150
159




Setelah varians ketiga sampel sama, maka selanjutnya dilakukan uji Anova untuk menguji apakan ketiga sampel mempunyai rata-rata yang sama.
Dengan rumusan masalah
Apakah terdapat perbedaan nilai rata-rata UN pada tahun 2009, 2010, dan 2011?
Hipotesis,
Ho : Tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata UN pada tahun 2009, 2010, dan 2011
Ha : Terdapat perbedaan nilai rata-rata UN pada tahun 2009, 2010, dan 2011
Pengambilan keputusan
Jika sig > 0,05 maka Ho diterima
Jika sig < 0,05 maka Ho tidak diterima
Keputusan,
Oleh karena probabilitas/sig (0,000) <  0,05 maka Ho tidak diterima sehingga Ha diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata UN pada tahun 2009, 2010, dan 2011.
E.       Menganalisis perbedaan mean nilai UN
Dengan menggunakan SPSS 18 dihasilkan Tabel IV.E.1 Post Hoc Test
Untuk mengetahui tahun berapa saja yang mengalami perbedaan nilai UN atau yang tidak mengalami perbedaan, maka dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel IV.E.1 Post Hoc Test
Multiple Comparisons
Dependent Variable:nilai UN

(I) tahun pelajaran
(J) tahun pelajaran
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval

Lower Bound
Upper Bound
Tukey HSD
dimension2
2009
dimension3
2010
.09524
.34979
.960
-.7324
.9229
2011
1.52941*
.34599
.000
.7107
2.3481
2010
dimension3
2009
-.09524
.34979
.960
-.9229
.7324
2011
1.43417*
.36340
.000
.5743
2.2940
2011
dimension3
2009
-1.52941*
.34599
.000
-2.3481
-.7107
2010
-1.43417*
.36340
.000
-2.2940
-.5743
Bonferroni
dimension2
2009
dimension3
2010
.09524
.34979
1.000
-.7512
.9417
2011
1.52941*
.34599
.000
.6921
2.3667
2010
dimension3
2009
-.09524
.34979
1.000
-.9417
.7512
2011
1.43417*
.36340
.000
.5548
2.3136
2011
dimension3
2009
-1.52941*
.34599
.000
-2.3667
-.6921
2010
-1.43417*
.36340
.000
-2.3136
-.5548
*. The mean difference is significant at the 0.05 level.

Perhatikan bagian Tukey HSD dan Bonferroni
Untuk nilai mean pada tahun 2009 dan 2010
Apakah terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2010?
Hipotesis,
Ho : Tidak terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2010
Ha : Terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2010
Pengambilan keputusan
Jika sig > 0,05 maka Ho diterima
Jika sig < 0,05 maka Ho tidak diterima
Keputusan,
Oleh karena pada Tukey HSD sig (0,960) > 0,05 dan pada Bonferroni sig (1,000) > 0,05. Maka Ho diterima. Artinya Tidak terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2010.
Untuk nilai mean pada tahun 2009 dan 2011
Apakah terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2011?
Hipotesis,
Ho : Tidak terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2011
Ha : Terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2011
Pengambilan keputusan
Jika sig > 0,05 maka Ho diterima
Jika sig < 0,05 maka Ho tidak diterima
Keputusan,
Oleh karena pada Tukey HSD sig (0,000) < 0,05 dan pada Bonferroni sig (0,000) < 0,05. Maka Ho tidak diterima. Artinya Terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2009 dan 2011
Untuk nilai mean pada tahun 2010 dan 2011
Apakah terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2010 dan 2011?
Hipotesis,
Ho : Tidak terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2010 dan 2011
Ha : Terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2010 dan 2011
Pengambilan keputusan
Jika sig > 0,05 maka Ho diterima
Jika sig < 0,05 maka Ho tidak diterima
Keputusan,
Oleh karena pada Tukey HSD sig (0,000) < 0,05 dan pada Bonferroni sig (0,000) < 0,05. Maka Ho tidak diterima. Artinya Terdapat perbedaan nilai mean UN yang signifikan anatara tahun 2010 dan 20011

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Dari hasil analisis data nilai UN 2009, 2010 dan 2010 SMPN 23 Kota Bnadung diketahui bahwa,
1.        Nilai rata-rata UN 2009, 2010 dan 2010 SMPN 23 Kota Bnadung terdapat perbedaan
Tahun UN
N
Mean
2009
60
7.4167
2010
49
7.3214
2011
51
5.8873
Total
160
6.9000

2.        Data yang disajikan bersifat homogeny karena sig (0,636) > α (0,05)
3.        Data yang disajikan berdistribusi normal, karena nilai skewness mendekati 0.  (-0,307) < 0.
4.        Hasil perhitungan anova
a.         Tidak ada perbedaan mean nilai UN yang signifikan antara tahun 2009 dengan tahun 2010
b.         Terdapat perbedaan mean nilai UN yang signifikan antara tahun 2009 dengan tahun 2011 dan anatara tahun 2010 dengan tahun 2011

DAFTAR PUSTAKA

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Herrhanto N. & Gantini T. (2009). Pengantar Statistik Matematis. Bandung : CV Yrama Wiya.
Trihendradi C. (2013). IBM SPSS 21. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Walpole R & Myers R. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyir dan ilmuwan. Bandung : ITB


Sujarweni V. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarata : Pustaka Baru Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar